Senin, 26 Oktober 2009

Tingkatkan Sektor Pertanian Melalui Sektor Industri di Jawa Timur

Dinkominfo - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Propinsi Jawa Timur ke 64, Pemerintah Kota Surabaya menggelar upacara, senin (12/10) di Taman Surya. Upacara yang bertemakan ”Ayo Jadikan Industri Dan Bisnis Pertanian Sebagai Jembatan Emas Menuju Jawa Timur Makmur Dan Berakhlak Mulia” ini dihadiri pejabat, karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkot Surabaya.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang dibacakan Wali Kota Surabaya, Bambang DH mengatakan bahwa tema tersebut dipilih karena mengingat sebagian besar penduduk Jawa Timur yang berjumlah 37.094.836 jiwa, bekerja di sektor pertanian (49,63 %), disusul oleh sektor industri manufaktur (13,84 %) dan jasa-jasa (13,07 %) serta 23,46 % pada sektor lain - lain.

“Untuk itu, sektor pertanian harus dikembangkan dengan ditunjang dan didukung oleh sektor industri. Apalagi potensi Jawa Timur sendiri memang berada pada sektor agribisnis (pertanian dalam arti luas),” ujarnya.

Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Provinsi Jawa Timur bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani pada tahun 2009. Kebijakan tersebut meliputi : pemberian alat pencacah dan alat granul sebanyak 662 unit kepada seluruh kecamatan di Jawa Timur, Rice Milling Unit (RMU) Mini, stabilisasi harga jagung melalui silo, Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Dan Sumberdaya Terpadu (SLPTT) dan sebagainya. Dengan demikian, tema peringatan hari jadi dimaksud memang sangat relevan dengan situasi dan kondisi aktual di provinsi jawa timur saat ini.

Dalam sambutannya Pakde Karwo juga mengajak seluruh komponen masyarakat Jawa Timur untuk senantiasa mengoptimalkan potensi diri, bersama sama membangun Jawa Timur secara kreatif dan inovatif. “Akhirnya, saya berharap agar melalui peringatan hari jadi ke-64 provinsi Jawa Timur tahun 2009, kita dapat meneladani sikap pantang menyerah, keteguhan pendirian serta ketekunan dan keuletan para pendahulu kita agar apa yang kita cita-citakan yaitu mewujudkan masyarakat jawa timur yang adil, makmur dan sejahtera dapat segera tercapai,” pungkasnya.(SyL)

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar